top of page
  • siriusqq09

NEGARA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN TERBAIK ? INDONESIA PERINGKAT BERAPA?


Sistem pendidikan pada umumnya mengacu pada struktur semua lembaga dan peluang untuk memperoleh pendidikan di suatu negara. Pendidikan tentunya merupakan sebuah investasi bagi sebuah negara,Semakin baik sistem pendidikan pada suatu negara maka akan mengacu pada seberapa baik kualitas masyarakat yang tinggal di negara tersebut, jika bicara soal sistem pendididikan,Indonesia mendapat skor 46,4 dari 100 dan berada di peringkat ke-70 global. Lalu negara mana yang memiliki skor dengan sistem pendidikan terbaik ? setelah sebelumnya mojok34 membahas negara yang paling bersih di dunia,kali ini kita akan membahas negara dengan sistem pendidikan paling baik,apakah ada hubungan nya pendidikan dengan cara masyarakat membuat sebuah lingkungan bersih ? simak berikut listnya !


Finlandia Finlandia adalah negara dengan prestasi dan sistem pendidikan terbaik di dunia. Meskipun beberapa universitas di Finlandia masih kalah tenar dengan universitas di Inggris dan Amerika Serikat, namun secara keseluruhan sistem pendidikan di negara berpenduduk 6 juta jiwa ini masih dianggap yang terbaik.

Ada 23 faktor yang menjadikan negara ini mempunyai sistem pendidikan yang baik. Berikut alasan nya menurut mojok34 :

  1. Pelajar di Finlandia tidak boleh masuk sekolah dasar apabila usianya belum sampai tujuh tahun.

  2. Pendidik di negara ini mempunyai sistem berbeda dalam menilai pelajar. Mereka tidak menilai dari ujian dan pekerjaan rumah. Cara penilaian ini digunakan hingga pelajar sampai usia remaja.

  3. Pelajar di Finlandia diukur sejak enam tahun pertama mereka mengenyam bangku pendidikan.

  4. Hanya ada satu tes standar wajib di Finlandia, yaitu saat menjadi pelajar usianya 16 tahun.

  5. Seluruh pelajar, belajar di kelas yang sama.

  6. Sebanyak 30% pelajar di Finlandia menerima beasiswa sepanjang sembilan tahun bersekolah.

  7. Sebanyak 66% pelajar Finlandia dapat mengenyam pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

  8. Tidak terdapat sekat antara pelajar yang pandai dengan yang kurang pandai.

  9. Di kelas sains, negara Finlandia paling banyak 16 orang, sehingga pelajar bebas praktik dan mengerjakan penelitian.

  10. Sebanyak 93% penduduk Finlandia lulusan sekolah tinggi.

  11. Sebanyak 43% pelajar SMA di Finlandia memutuskan sekolah di kejuruan.

  12. Pelajar SD diberi waktu istirahat selama 75 menit sehari.

  13. Pendidik hanya mengajar selama empat jam di kelas.

  14. Di Finlandia, rasio antara jumlah pendidik dan pelajar seimbang.

  15. Biaya sekolah pelajar sepenuhnya dibiayai oleh negara.

  16. Seluruh pendidik di negara Finlandia wajib bergeral master yang dibiayai oleh pemerintah.

  17. Kurikulum nasional sebatas edoman saja, sisanya sangat fleksibel.

  18. Sebanyak 10% pendidik diseleksi dari lulusan 10 perguruan tinggi ternaam dan diambil yang lulusan terbaik universitas tersebut.

  19. Di tahun 2010, ada 6600 penduduk Finlandia berkompetisi untuk mendapatkan 660 kursi pelatihan guru SD.

  20. Pendidik di negara Finlandia pada tahun 2009, sudah mendapatkan gaji untuk awal bekerja rata-rata 29 ribu dolar AS.

  21. Di Finlandia, tidak ada gaji yang tidak pantas untuk pendidik.

  22. Di negara dengan sistem terbaik di dunia, profesi guru memiliki prestisius sama dengan profesi dokter dan pengacara.

  23. Pada 2001, pelajar di Finlandia memiliki ketertarikan pada ilmu pengetahuan, senang membaca, dan suka matematika.

Menurut laman sains Smithsonian Magazine, Finlandia telah menjadi negara dengan tingkat literasi, pemahaman, dan kelulusan yang tinggi, terutama di bidang sains dan matematika. Negara kecil ini pun telah menjadi salah satu negara Eropa yang menelurkan banyak ahli dan kaum terpelajar untuk membagikan ilmu dan keahliannya di banyak negara,melalui link alternatif mojok34 kalian bisa dibantu mendaftarkan diri untuk sekolah di finlandia loh.

Korea Selatan

Negara dengan sistem pendidikan terbaik selanjutnya yaitu Korea Selatan. Sama halnya dengan Finlandia,Korea mengalahkan Jepang yang meskipun investasi dalam pendidikan anak usia dini cukup tinggi tetapi masih belum mampu mengimbangi model pendidikan Korea Selatan yang bahkan memberlakukan lama belajar selama tujuh hari kerja. Di samping itu Anggaran pendidikan nasional pada tahun 2014 diperkirakan mencapai hingga 11 Miliar US Dollar atau setara 150 Triliun Rupiah. Tingkat melek huruf total adalah 97,9% dengan komposisi, laki-laki 99,2% dan 96,6% perempuan. Beberapa faktor yang menyebabkan Korsel menjadi negara dengan sistem terbaik adalah :


  1. Sistem pengelolaan pendidikan di Korea Selatan dilakukan oleh pemerintah sepenuhnya.

  2. Sistem pendidikan di Korea Selatan terbagi menjadi tiga jenjang, yaitu pendidikan primer, sekunder, dan tinggi.

  3. Reformasi kurikulum pendidikan di Korea Selatan dilakukan sejak tahun 1970an melalui koordinasi pembelajaran teknik dalam kelas dan pemanfaatan teknologi. Sedangkan yang dilakukan pendidik meliputi perencanaan pengajaran, diagnosis pelajar, membimbing siswa belajar dengan berbagai program, tes dan menilai hasil belaajr, dan untuk sekolah tingkat menengah tidak ada saringan masuk.

  4. Korea Selatan sangat terobsesi dengan pendidikan.

Inggris


Selain masuk sebagai salah satu negara yang paling bersih di dunia dan mata uang paling tinggi di dunia, inggris juga masuk dalam negara dengan sistem pendidikan paling baik. Nama-nama lembaga pendidikan kelas dunia macam Oxford, Cambridge, College London, dan masih banyak lagi seakan telah menjadi bukti nyata bahwa Inggris memang terkenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik sejak abad pertengahan. Mulai dari kedokteran, sains, astronomi, sejarah, olahraga, hingga kesenian, semuanya ada dan dapat dipelajari secara detail.


Laman International Student menulis bahwa universitas di Inggris menjadi sasaran utama dari banyak pelajar di seluruh dunia yang ada pada mojok34 slot . Itu sebabnya, pendaftaran untuk melanjutkan studi di Inggris harus dilakukan dari jauh hari. Di sana ada banyak tenaga pengajar yang sangat ahli di bidangnya, mulai dari profesor, doktor, pakar kesenian, astronom, ahli penerbangan, hingga atlet profesional. Jika kamu tertarik untuk belajar di negara impian ini,sudah bisa dari sekarang kalian persiapkan ya !


Jepang


Jepang adalah negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia dan bahkan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Tidak kalah dengan Eropa atau Amerika, sistem pendidikan di Jepang menerapkan profesionalisme yang sangat pakem dan mereka akan menerapkan peraturan dengan standar terbaik untuk kemajuan bangsa mereka

Disiplin, etos kerja, kemauan kuat, dan kecerdasan dalam menciptakan teknologi adalah beberapa kunci yang menjadikan Jepang menjadi salah satu negara makmur di dunia.tidak heran jika jepang memiliki paspor terkuat bukan ? Khusus di bidang teknologi, Jepang memiliki lembaga pendidikan tinggi atau kosen yang berfokus pada pelajaran dan penerapan teknologi lanjutan dengan sangat detail Ada beberapa faktor lain yang membuat jepang menjadi negara dengan sistem pendidikan paling baik :

  1. Mengajarkan sikap yang baik sebelum pelajar belajar ilmu pengetahuan.

  2. Aktivitas sekolah dan kuliah dimulai bersamaan dengan mekarnya bunga sakura.

  3. Sekolah di Jepang mewajibkan pelajar membersihkan kelas sendiri.

  4. Sekolah di Jepang menyediakan makan siang dan pelajar makan bersama-sama di kelas.

  5. Pelajar mengikuti les setelah sekilah.

  6. Mata pelajaran normatif mengikuti pelajaran kaligrafi dan puisi.

  7. Hampir semua pelajar menggunakan seragam, gaya militer untuk pelajar laki-laki dan gaya pelaut untuk pelajar perempuan. Tujuannya yautu untuk mengeliminasi kesenjangan sosial antar pelajar.

  8. Tingkat kehadiran pelajar mencapai 99,99%.

  9. Pelajar mengikuti ujian untuk menentukan masuk universitas.

  10. Masa kuliah para mahasiwa merupakan masa terbaik untuk pelajar Jepang.

Singapura

Asia Tenggara tentu saja memiliki negara yang mempunya sistem pendidikan yang baik ,sebagai buktinya, Singapura menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan yang diakui terbaik di dunia, dicatat dalam Smile Tutor. Bagi pemerintah Singapura, pendidikan adalah modal awal bagi kemajuan perekonomian sebuah negara.


Terbukti dengan ambisi positif dari pemerintahnya, Singapura yang meskipun negara kecil mampu bersaing dalam percaturan global. Satu lagi, kurikulum di Singapura juga sangat fokus pada pemecahan masalah dan keahlian-keahlian khusus yang tidak diajarkan di universitas negara-negara lain.

Alasan lain nya singapura memiliki sistem pendidikan yang baik adalah : 1. Pendidikan selalu menjadi fokus utama bagi Singapura sejak awal kemerdekaannya. 2. Sejak beberapa tahun terakhir, tujuan pendidikan dan pendidikan tinggi bukan hanya membangun tenaga kerja lokal, namun dijadikan sebagai sumber pendapatan pemerintah.

3. Rencana pemerintah sejak tahun 2002 yaitu membuat Singapura sebagai “Global Schoolhouse” tujuannya agar menarik mahasiswa internasional. Dari tujuan tersebut membuat Singapura banyak menjadi tujuan belajar pelajar internasional.


Tidak heran dengan sistem pendidikan yang sangat baik, singapura merupakan negara dengan keuangan yang selalu stabil dan jika turun hanya turun sedikit.


Kanada

Negara berpopulasi 40 juta jiwa ini juga menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Bahkan, menurut berita yang dimuat dalam laman Daily Hive Vancouver, Kanada menjadi negara yang menempati peringkat ke-3 terbaik dunia khusus untuk urusan pendidikan dan studi lanjutan.

Ada tujuh faktor yang membuat pendidikan di negara ini maju, berikut daftarnya:

  1. Negara Kanada dikenal sebagai negara teraman di dunia.

  2. Kanada menjadi tempat aman untuk belajar.

  3. Kualitas pendidikan di Kanada diakui tinggi.

  4. Ijazah lulusan dari Kanada diakui secara internasional dan bisa ditransfer.

  5. Biaya kuliah di Kanada terjangkau.

  6. Standar hidup di Kanada tinggi.

  7. Kanada memiliki stabilitas politik.


Sistem pendidikan di Kanada juga terbilang sangat profesional namun tidak memberatkan anak-anak didik dengan beban tugas yang begitu banyak. Guru dan staf pengajar harus fokus dan menguasai pada bidangnya masing-masing.apakah sudah tertarik untuk kuliah atau belajar di kanada?

Belanda Belanda tidak mau kalah dalam menciptakan sistem pendidikan untuk menjadi salah satu yang terbaik di Eropa dan bahkan dunia. Menurut Organisasi Pendidikan Belanda (Nuffic), ada lebih dari 50 persen sekolah di Belanda yang menggunakan sistem komunikasi bilingual atau dwibahasa, yakni bahasa Inggris dan tentu juga bahasa Belanda.


Berikut alasan belanda bisa memiliki sistem pendidikan yang baik :

  1. Belanda diakui dunia sebagai negara yang memiliki standar internasional dalam bidang pendidikan.

  2. Sistem pendidikan di Belanda tidak sama dengan sistem pendidikan yang dilaksanakan di Asia, Amerika, dan sebagian besari wilayah Eropa.

  3. Sistem pendidikan Belanda dikontrol dan menjadi yanggung jawab pemerintah sepenuhnya. Mata pelajaran yang berikan di sekolah diatur oleh undang-undang dengan target yang wajib dicapai.

Tujuan dari komunikasi ini adalah untuk mempersiapkan generasi muda Belanda dalam persaingan global yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Jadi, tak mengherankan anak-anak di Belanda sudah bisa menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Prancis, dan bahkan


4 views0 comments
bottom of page