top of page
  • siriusqq09

5 NEGARA TERKECIL DI DUNIA YANG HARUS KAMU TAHU? KECIL TAPI TEMPAT-TEMPAT ORANG KAYA LOH



Biasanya jika mendengarkan soal negara biasanya kita membayangkan individu yang sangat besar dan bersatu menjadi sebuah kesatuan pada suatu wilayah yang besar,namun bagaimana jika wilayah dan penduduknya hanya kecil? Kali ini mojok34 akan memberikan informasi negara-negara dengan luas wilayah paling kecil di dunia loh,langsung simak berikut :


1. Vatikan

Vatikan atau Kota Vatikan, dengan nama resmi Negara Kota Vatikan, adalah sebuah negara enklave yang di kelilingi tembok di dalam kota Roma Italia. Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia dengan luas hanya 0,44 km2. Negara di Eropa ini hanya memiliki penduduk sekitar 825 (2019).


Selain menjadi negara terkecil di dunia, Kota Vatikan dikenal sebagai Tahta Suci yang berada di Kota Roma, Italia, sebagai pusat Gereja Katolik.Pada kota Vatikan ada gereja terbesar di dunia, Basilika St Peters, yang di dalamnya terdapat lukisan dan patung terkenal di dunia, seperti The Pieta dan The Creation of Adam.


Keunikan negara terkecil di dunia ini adalah tidak memiliki warga negara tetap. Sehingga, kewarganegaraan pemerintah berikan kepada orang yang bekerja di Vatikan serta pasangan dan anak-anak lalu akan lepas ketika berhenti bekerja di sana.Bahasa resmi Kota Vatikan adalah bahasa Italia dan Latin. Alhasil, ini adalah satu-satunya kota di dunia yang memiliki ATM menawarkan layanan dalam bahasa Latin. Jika kamu tertarik mengunjungi negara ini kamu bisa langsung menuju link alternatif mojok34 ! mereka menyediakan jasa terbaik.



2. Monako

Monako, secara resmi Kepangeranan Monako adalah sebuah negara kota berdaulat, yang terletak di Côte d'Azur di Eropa Barat. Berbatasan dengan Prancis di tiga sisi, dan satu sisi berbatasan dengan Laut Tengah, pusatnya adalah sekitar 16 km dari Italia, dan hanya 13 km dari timur laut Nice, Prancis.

Negara terkecil di dunia nomor dua adalah Monako. Dengan luas hanya 2,02 km2, negara ini terletak di Eropa Barat, tepatnya di sebelah Prancis.Monako memiliki populasi 39.244 penduduk per 2020. Negara ini berisi kompleks rumah miliarder dan jutawan di dunia,walau negara kecil tetapi yang tinggal disini memang orang-orang kaya ya sobat mojok34 slot.


Negara terkecil di dunia nomor dua ini terletak di wilayah French Riviera menghadap Laut Mediterania, sehingga dikelilingi oleh Prancis.Untuk mata pencaharian, penduduk hanya bergantung pada kasino dan pariwisata serta beberapa acara tahunan seperti yang paling populer adalah Formula 1.


3. Nauru

Nauru, secara resmi bernama Republik Nauru dan sebelumnya orang kenal sebagai Pulau Pleasant, adalah sebuah negara kepulauan di Mikronesia di Pasifik Tengah. Tetangga terdekatnya adalah Pulau Banaba di Kiribati, 300 kilometer ke timur.

Nauru yang menjadi negara terkecil di dunia nomor tiga. Negara ini memiliki luasan wilayah 21 km2.Nauru terletak di wilayah laut timur Australia. Tercatat, populasi Nauru mencapai 10.834 jiwa pada 2020.Berbentuk kepulauan, Nauru menjadi republik independen dan satu-satunya negara tanpa ibu kota resmi.Pada 1980, Pulau Nauru muncul karena penambangan fosfat tetapi sekarang pulau ini sunyi, menyebabkan 90% pengangguran. Mungkin penduduk nya harus bermain instaslot agar berkecukupan ya.


Fakta unik lainnya dari negara terkecil di dunia ini adalah banyak orang gemuk, sehingga menyandang status penderita diabetes tipe 2 tertinggi di dunia.


4. Tuvalu

Tuvalu, dulunya orang kenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Tetangga terdekat adalah Kiribati, Nauru, Samoa dan Fiji. Tuvalu terdiri dari empat pulau karang dan lima atol besar.


Setelah Nauru, negara terkecil di dunia adalah Tuvalu. Terletak tidak jauh dari Nauru, Tuvalu memiliki luas hanya 26 km2.Catatan populasi dari negara terkecil di dunia keempat ini mencapai 11.792 jiwa pada tahun 2020.


Tuvalu adalah negara Kepulauan Polinesia yang terletak di Samudra Pasifik, Timur Laut Australia yang juga dikenal sebagai Pulau Ellice.Sebelumnya, Tuvalu adalah wilayah Inggris tetapi memperoleh kemerdekaan pada 1978 dengan ibu kota Funafuti. Sementara bahasa resmi di Tuvalu adalah Tuvalu, Inggris, dan Samoa.


5. San Marino


Republik San Marino merupakan negara terkecil kelima di dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.


Negara terkecil di dunia kelima adalah San Marino dengan luas 61 mm2. San Marino pastinya terletak di wilayah Eropa.Populasi dari San Marino adalah 33.938 jiwa pada tahun 2020. Negara terkecil di dunia urutan kelima ini juga disebut Republik San Marino yang Paling Tenang dan dikelilingi oleh Italia.


San Marino adalah negara berdaulat tertua yang masih ada di dunia dengan ibu kota negara San Marino.Dalam hal PDB per kapita, negara terkecil di dunia urutan kelima itu menjadi yang terkaya.


1 view0 comments
bottom of page