top of page
  • siriusqq09

7 HEWAN YANG DAPAT HIDUP PALING LAMA DI DUNIA

Dunia ini tentu saja memiliki beragam macam fauna,dari yang hidup di darat,air,dan udara berbagai macam reptil,mamalia dan lain nya . tetapi taukah kamu,bahwa ada hewan yang memiliki masa hidup yang setara dengan manusia bahkan lebih lho ! ,mari simak hewan dengan rasio usia tertinggi versi mojok34 :


1. Ocean Quahog (500 tahun)


Quahog laut adalah spesies kerang yang dapat kalian konsumsi, moluska laut kerang dalam keluarga Arcticidae. Spesies ini adalah asli ke Samudra Atlantik Utara, dan panensecara komersial sebagai sumber makanan

Para peneliti dari Welsh melihat cincin pertumbuhan di bagian luar cangkang Quahog yang bisa membantu mengestimasi usianya yang ternyata 507 tahun, membuatnya sebagai hewan yang hidup terlama di bumi. Dengan usia Ocean Quahog ini usia rata-rata manusia tidaklah ada apa-apa nya

2. Greenland Shark/Hiu Greenland (400 tahun)


Hiu greenland yang memiliki julukan hiu abu-abu adalah salah satu spesies hiu dari keluarga Somniosidae. Hiu greenland berhubungan erat dengan hiu tidur selatan dan hiu tidur pasifik. Hiu greenland tersebar di samudra Atlantik dan Arktik di dekat kutub utara.


Sebuah penelitian baru yang keluar pada Bulan Agustus 2016, menyebutkan bahwa hiu Greenland adalah vertebrata bermasa hidup paling lama di bumi. Hiu ini tumbuh dengan sangat lambat, hanya sebesar 1 cm per tahun.

3. Lamellibrachia Tubeworms (250 tahun)


Lamellibrachia adalah genus cacing tabung yang berkerabat dengan cacing tabung raksasa, Riftia pachyptila. Mereka hidup di rembesan dingin laut dalam di mana hidrokarbon bocor keluar dari dasar laut, dan sepenuhnya bergantung pada simbion bakteri pengoksidasi sulfida internal untuk nutrisi mereka.

Cacing jenis ini hiduo di daerah rembesan hidrokarbon yang dingin dan tenang di Teluk Meksiko. Mereka butuh 170-250 tahun lamanya untuk tumbuh besar.

4. Bowhead Whale (lebih dari 200 tahun)


Paus kepala busur adalah paus balin bagian dari keluarga Balin dengan Mysticeti. Paus dengan warna gelap kekar tanpa sirip punggung dan dapat tumbuh sampai 20 meter panjang.


Para peneliti telah mengestimasi masa hidup paus kepala busur dengan menganalisis lapisan tisu matanya dan dengan menghitung pertanggalan ujung batu yang ditemukan di lapisan lemaknya.


5. Red Sea Urchin (200 tahun).



Bulu babi merah adalah bulu babi yang ditemukan di timur laut Samudra Pasifik dari Alaska hingga Baja California. Ia hidup di perairan dangkal dari garis surut hingga kedalaman lebih dari 280 m, dan biasanya ditemukan di pantai berbatu yang terlindung dari aksi gelombang ekstrem di daerah di mana rumput laut tersedia.


Para peneliti menemukan bahwa landak laut hidup lama karena mereka gak menunjukkan disfungsi terkait pertambahan usia hingga usia matinya - ini juga menghindarkan mereka dari predator.

6. Giant Galapagos Tortoise (175 tahun)



Kura-kura Galápagos atau kura-kura raksasa Galápagos adalah spesies kura-kura yang sangat besar dalam genus Chelonoidis. Ini terdiri dari 15 subspesies. Ini adalah spesies kura-kura terbesar yang masih hidup, dengan beberapa kura-kura Galápagos modern yang beratnya mencapai 417 kg.


Harriet si kura-kura raksasa di Pulau Galapagos mati pada Bulan Juni 2006 karena gagal jantung, diketahui usianya saat itu adalah 175 tahun.

7. Tuatara (100 tahun)



Tuatara adalah reptilia yang mirip dengan kadal. Namun, mereka bukan termasuk kadal. Tuatara adalah satu-satunya anggota yang masih hidup dari ordo Rhynchocephalia, yakni bangsa reptil yang berkembang 200 juta tahun yang lalu. Tuatara merupakan binatang endemik Selandia Baru

Para peneliti percaya bahwa tuatara hidup dalam jangka waktu lama karena metabolismenya yang rendah, itu membuat mereka mampu menoleransi temperatur yang sangat rendah, lebih kuat daripada reptil lainnya.









3 views0 comments

infodunia

email address: infodunia@gmail.com 
phone number : +6281275298274

©2022 by infodunia. Proudly created with Wix.com

bottom of page